Sunday, March 11, 2012

Huruf Kuno Dari Pendahulu Bangsa Maya

Huruf huruf kuno memang beragam sangat macamnya, mulai dari yang sederhana hingga yang paling rumit. Contoh saja isthmian script yang ditulis dalam bentuk yang agak aneh. Script ini dinilai beberapa kalangan adalah dari pendahulu bangsa maya
isthmian script adalah huruf kuno yang ditemukan di daerah tanjung meksiko yang berumur 500SM - 500M.

Usaha pengungkapan huruf ini dimulai pada tahun 1993 dimana John Justeson dan Terrence Kaufman yang saat itu mengatakan menemukan sebuah text di La Mojjara Stela berpendapat isthmian script memiliki hubungan dengan bahasa Zoque, Bahasa yang di pakai di bagian selatan meksiko dan masih ada hingga sekarang.

Pada 1997, Justeson dan Kaufman mempublikasikan kembali sebuah text yang diklaim berasal dari tempat yang sama dengan penemuan sebelumnya, mereka juga menyertakan cara pemecahan huruf kuno tersebut.

Tetapi setahun setelahnya Stephen Houston dan Michael Coe menyatakan sistem pemecahan kode dari justeson-kaufman tidak valid. Karena saat di aplikasikan pada artifak kain yang bertuliskan karaktek isthmian script disana tidak menemui jawaban yang pasti atau tidak ter-terjemamahkan. Perlu diketahui isthmian script ditemukan pada beberapa benda yang saya pasang fotonya di post ini.



Tidak seperti cascajal block yang ada indikasi hoax, artifak isthmian script ini dinyatakan asli dan beberapa ahli percaya pahatan huruf kuno ini menyimpan kunci tentang sejarah peradaban sebelum suku maya di daratan Mesoamerica



No comments:

Post a Comment