Sunday, February 26, 2012

Atraksi Horor Tatung Singkawang

Atraksi Tatung Singkawang ini hanya ada di Indonesia

Perayaan Capgomeh yang merupakan penutupan Tahun baru China merupakan perayaan yang sangat meriah, Kota Singkawang Kalimantan adalah pusat dari Perayaan Capgomeh yang bersifat Kolosal. event ini sangat terkenal baik didalam negeri maupun di luar Negeri.

ini dikarenakan ada atraksi Tatung ( Manusia yang dirasuki Dewa2 China), para Tatung ini dalam keadaan trance atau tidak sadar. dan perayaan di Capgomeh Singkawang ini dihadiri oleh 700 tatung lebih yang datang dari segala penjuru nusantara.


Karena Tatung adalah peleburan budaya China dengan Budaya Pribumi, sehingga Para Tatung dari Dayakpun ikut mengikuti perayaan Capgomeh Singkawang ini.


Cap Go Meh melambangkan hari ke-15 dan hari terakhir dari masa perayaan Tahun Baru Imlek bagi komunitas Tionghoa di seluruh dunia. Istilah ini berasal dari dialek Hokkien dan secara harafiah berarti hari kelima belas dari bulan pertama (Cap = Sepuluh, Go = Lima, Meh = Malam). Ini berarti, masa perayaan Tahun Baru Imlek berlangsung selama lima belas hari.




Perayaan Lima belas togel di Singkawang biasanya ditandai dengan arak-arakan naga, kilin, barongsai, dan para Tatung berkeliling kota. Tatung adalah orang yang menyediakan dirinya untuk dimasuki oleh salah satu dewa yang dikenal oleh masyarakat Tionghoa.





tidak hanya lelaki dewasa saja yang menjadi Tatung, tetapi juga ada anak anak dan wanita.

Cap go meh dipercaya sudah dilaksanakan turun temurun sejak 200 tahun yang lalu. Para tatung berasal dari berbagai sinmiau (klenteng) yang tersebar di seluruh pelosok kota Singkawang, Sambas, Pemangkat, dan kota-kota atau desa-desa di sekitarnya.




Pagi hari di hari ke 15 ini, para Tatung akan berkumpul untuk melakukan sembahyang kepada Langit di altar yang sudah disiapkan. Perjalanan para Tatung ditandu dengan menggunakan tandu yang beralaskan pedang tajam atau paku tajam, sambil memamerkan kekebalan tubuhnya. Ada juga yang naik tangga pedang, biasanya terdiri dari 36 atau 72 pundak/tangga.




ada juga atraksi Jalangkung dalam parade dan pawai Capgomeh Singkawang, boneka yang mirip seperti kayu ini sedang diberi kemenyan dan lenggoknya seperti boneka yang menari dan seperti hidup


Semakin bisa naik ke atas maka artinya semakin kuat juga ilmu Tatung tersebut. Kegiatan ini telah mulai dikembangkan sebagai objek pariwisata untuk menarik wisatawan domestik maupun mancanegara.






Karena Tradisi Tatung ini adalah peleburan budaya Pribumi dan budaya China, atraksi Tatung ini hanya terdapat di Indonesia. mari gan kita jaga Budaya kita agar tetap lestari dan tidak diklaim oleh negara lain ^_^



No comments:

Post a Comment