Monday, February 27, 2012

Sejarah sponsor di kaus bola

Awal Mula Sponsor Di Jersey Sepakbola
sponsor jersey mula-mula berakar di dunia sepabola, akan tetapi sumber pendapatan yang menguntungkan perlahan-lahan mulai merayap ke dalam olahraga profesional lainnya. Berikut sejarah singkat sponsor pada jersey yang kini juga memiliki peran sebagai pemeriah kostum tersebut

Perintis
Menurut pengamat sepakbola klub Uruguay, Penarol, konsep sponsor di jersey diperkenalkan kepada dunia sepakbola pada tahun 1950an. Sejumlah klub di Perancis, Denmark, dan Austria berlomba-lomba untuk segera memasang sponsor di jersey mereka dengan harapan untuk mendapatkan uang tambahan. Akan tetapi ide ini tidak serta merta diikuti oleh klub lain di Eropa. Sebagian besar liga di benua biru menentang keras usulan ini. Mereka hanya mengijinkan klub-klub memasang logo dan nama mereka sendiri di jersey nya

Jager mendahului
Sebuah zaman baru dalam sponsorship jersey dimulai pada 1973, ketika Mast G√ľnter, keponakan Jagermeister pencipta Curt Mast, memiliki ide brilian untuk menempatkan logo minuman keras dari Jerman itu di seragam klub Bundesliga Jerman Eintracht Braunschweig. Logo itu menggambarkan kepala rusa dan salib menyala.

bir curt mast:

logo jagermeister:

jersey klubnya:


Sebelumnya Mast meluncurkan logo Jagermeister untuk mensponsori tim balap motor, tetapi melihat peluang yang luar biasa dalam olahraga papan atas dunia, Mast pun mengalihkan sponsornya. "Melalui sepakbola, Anda bisa mencapai semua bagian dari populasi," katanya, menurut sebuah artikel Soccernet 2008.

Mast, yang meninggal awal tahun 2011, membayar Eintracht Braunschweig sekitar 160.000 Marks sampai 800.000 Marks selama lima tahun untuk menempatkan logo Jagermeister di bagian depan kaos nya. Sebagai informasi bahwa marks adalah mata uang jerman dimana sekarang 1 USD setara dengan 1,4779 marks. Awalnya, asosiasi sepak bola Jerman menolak permintaan klub, tetapi liga tidak berdaya ketika seluruh pemain Eintracht Braunschweig memilih untuk mengganti logo tradisional mereka dengan rusa Jagermeister. Pada tanggal 23 Maret 1973, tim memulai debutnya melawan Schalke dengan seragam barunya. Tujuh bulan kemudian, Bundesliga resmi melegalkan sponsor jersey.

Inggris enggan bergabung
Tiga tahun setelah logo Jagermeister memulai debutnya di lapangan Jerman, klub liga Inggris selatan Kettering town menandatangani kesepakatan sponsor empat tahun dengan Kettering Tyres dan menaruh nama sponsornya di bagian depan seragamnya. Ketika para pejabat liga memerintahkan klub tersebut untuk menghapus sponsornya, Kettering menanggapi dengan menghapus empat huruf terakhir di "Tyres" dan mengklaim bahwa "KETTERING T" di sini merupakan Kettering Town. Liga tidak mendapat penjelasan yang memuaskan dan mengancam klub dengan denda besar. Satu tahun kemudian, liga Inggris mulai mengizinkan sponsor jersey.

kettering tyres:


Nilai sponsor pun meroket
Selama 35 tahun terakhir, kesepakatan sponsor jersey telah muncul sebagai sumber pendapatan utama bagi klub di seluruh dunia, khususnya di Eropa. Menurut sebuah laporan oleh SPORT + MARKT, total investasi dalam sponsorship jersey di lima liga top Eropa naik menjadi dua kali lipat dari 235 juta euro pada tahun 2000 menjadi 470 juta euro pada 2011.

Salah satu penawaran sponsor terbesar merupakan milik Manchester United, yang menyetujui kesepakatan $ 131 juta selama empat tahun dengan perusahaan AON yg berbasis di Chicago. Sebelumnya Manchester United disponsori oleh AIG (American International Group), sebuah perusahaan asuransi multinasional. Klub-klub Eropa menerima rata-rata 4,2 juta euro per tahun untuk kesepakatan sponsor jersey di tahun 2010.

aon:


Barcelona beda
Sementara sebagian besar rekan-rekan mereka menyerah pada godaan sponsor jersey ini, FC Barcelona punya pandangan berbeda. Pada tahun 2006, klub mengumumkan perjanjian yang tidak biasa dengan UNICEF, dimana mereka akan menyumbang 1,5 juta USD setiap tahun untuk organisasi kemanusiaan dan menampilkan logo UNICEF di bagian depan kaos klasiknya.

Dalam menghadapi tekanan keuangan yang berkembang, Barcelona mengumumkan perjanjian dengan Qatar Foundation Desember 2010 lalu. Dimulai pada tanggal 1 Juli logo Qatar Foundation akan muncul di bagian depan kaos Barcelona dan logo UNICEF akan dipindahkan ke belakang. Barcelona akan menerima 200 juta USD selama lima tahun.

  unicef:

barcelona:


Berikut adalah beberapa jersey unik dan menarik di selama beberapa tahun ini

1. Clydebank – Wet Wet Wet
Pada tahun 1994, band pop rock asal Skotlandia yang membawakan lagu Love Is All Around berhasil bertahan selama 15 minggu di puncak tangga lagu Inggris. Band tersebut memutuskan untuk mensposori klub dari daerah asalnya, Clydebank FC, dengan memasang namanya di depan seragam klub tersebut

clydebank:


2. FC Nurnberg – Mister Lady
FC Nurnberg menjadi ejekan banyak kalangan setelah perusahaan garmen mensponsori klub bundesliga jerman tersebut. Nama tersebut dianggap mewakili waria.
misterlady:


misterlady:



(Lihat juga:. Oxford united - Wang Komputer, AC Milan - Jeans Pooh)

wang:

pooh:


3. West Brom – No Smoking
Dari 1984-1986, klub Inggris, West Bromwich Albion, dibayar otoritas kesehatan untuk memiliki tanda No Smoking yang ditempatkan di bagian depan kaus kebanggaannya. Kampanye ini menampilkan slogan, "Be like Albion – kick the smoking habit."

west brom:


4. Scarborough - Vodka Black Death
Liga Iggris melarang sponsor ini untuk tampil sejak pertama kali muncul pada tahun 1990. "Perusahaan ini sudah terkenal" kata ketua Scarborough Geoffrey Richard wartawan setelah pengumuman. "Ini mungkin hanya reaksi berlebihan. Hal ini mungkin dimengerti bila usaha yang dilakukan untuk meningkatkan citra olahraga tersebut".

vodka:



5. Roma - INA Assitalia
Di mana Anda menyukainya? INA Ass? Mungkin agan akan sedikit tertawa mengingat bahwa mereka adalah salah satu perusahaan asuransi besar Italia.

roma:


Lihat yg lebih 'menarik' di sini !

No comments:

Post a Comment