Saturday, March 17, 2012

App Store Alternatif Selain Android Market

Android Market milik Google yang sekarang berubah nama menjadi Google Play bukanlah satu-satunya tempat untuk mendapatkan aplikasi Android. Jika anda ingin mendapatkan aplikasi menggunakan cara lain melalui penyedia aplikasi Android, bisa mencoba mencari alternatif dengan menggunakan App Store dari pihak lain.

Namun perlu diingat, secara default, Android akan memblokir instalasi aplikasi selain melalui Android Market. Jika ingin menggunakannya, anda bisa mengaktifkan tanda centang pada pilihan "Unknown Sources" melalui Settings > Applications.
Berikut ini daftar 5 situs penyedia aplikasi Android alternatif:
Amazon Appstore yang dirilis pada bulan Maret 2011 merupakan penyedia aplikasi Android terpopuler setelah Android Market.
Hal ini bisa jadi karena situs penyedia aplikasi Android ini secara default digunakan pada perangkat Kindle Fire. Yang menarik, Amazon App Store setiap harinya memberikan aplikasi berbayar secara gratis kepada pengguna dalam waktu setiap 24 jam.
Hanya saja kelemahan terbesar situs ini adalah layanannya yang hanya bisa digunakan oleh pengguna yang berdomisili di wilayah tertentu saja. Selain Amerika Serikat, pengguna di negara seperti India, Australia, serta beberapa negara di Eropa bisa memanfaatkan layanan tersebut.

2.    GetJar
Tidak seperti Amazon yang menyediakan aplikasi berbayar yang digratiskan secara terbatas, GetJar memberikan promosi berupa aplikasi berbayar yang bisa diunduh dan digunakan secara gratis tanpa batasan waktu. Fasilitas dengan nama ‘Gold Apps’ ini ditawarkan setiap minggunya dengan pilihan aplikasi yang beragam dari berbagai kategori.
Asyiknya, layanan GetJar bisa digunakan dari pengguna di seluruh dunia sehingga Anda bisa memanfaatkan segala layanan yang ada secara gratis dan bebas. GetJar juga menyediakan aplikasi selain untuk Android, di antaranya bagi pengguna Blackberry, Nokia, Samsung, LG, hingga Palm dengan masing-masing sistem operasinya.


3.    AppBrain 
AppBrain menawarkan pendekatan yang agak berbeda dengan App Store kebanyakan. Selain menyediakan aplikasi Android, AppBrain juga menyediakan fasilitas pertemanan layaknya situs jejaring sosial.
Dengan fitur-fitur sosial, Anda bisa menjalin pertemanan dengan pengguna lain dan bisa mendapatkan rekomendasi dari mereka mengenai aplikasi yang ada. Pengguna juga bisa melakukan sharing aplikasi melalui jejaring sosial dan menginstal aplikasi melalui PC.
AppBrain menampilkan aplikasi berbayar maupun gratis yang disusun berdasarkan kategori. Selain itu, aplikasi juga ditampilkan berdasarkan pilihan rekomendasi dari pengguna lain. Anda juga akan mendapati aplikasi berdasarkan Hot apps Today, Hot Apps This Week, Hot Apps Today Paid dan All Time Popular Apps.
  
4.    SlideME 
Meski aplikasi yang ditawarkan tidak selengkap Android Market milik Google, SlideME memiliki beberapa kelebihan yang tidak terdapat pada App Store lainnya, di antaranya dengan menawarkan fitur Storage Locker.
Fitur ini berguna bagi pengguna yang telah membeli aplikasi melalui market dan hendak mengunduh ulang atau melakukan upgrade di saat aplikasi tersebut hilang, terhapus, atau telah direset. Untuk menggunakannya, pengguna mesti mengunduh dahulu aplikasi SlideME Market App (SAM) melalui browser di http://slideme.org/sam.apk. Selanjutnya, tinggal lakukan instalasi dan jalankan SAM.
SlideME juga banyak ditemukan secara default pada tablet maupun smartphone Android dari merek yang kurang populer (contohnya merek Cina atau lokal) sebagai alternatif Android Market.

5.    Opera Mobile Store 
Browser Opera Mobile terbaru telah menyediakan tautan untuk mengakses aplikasi berbasis Android. Tautan ini secara default telah terdapat pada Speed Dial Opera dengan nama Opera Mobile Store. Di sini disediakan pilihan aplikasi Android berdasarkan 3 kategori saja: Populer, Baru, dan Gratis. Sedangkan, jika anda mengaksesnya melalui browser desktop, tampilannya lebih lengkap dengan pilihan kategori layaknya App Store lain.
Dilengkapi dengan lebih dari 55.000 aplikasi, Opera Mobile Store dibangun dan diluncurkan melalui kerjasama strategis dengan Appia, penyedia teknologi aplikasi marketplace yang terdepan. Selain Android, disediakan pula aplikasi untuk sistem operasi mobile lain seperti Windows Mobile, Java, Symbian, Blackberry, dan iPhone.

Selain 5 penyedia layanan aplikasi Android di atas, masih banyak situs lain yang tidak kalah menarik. Beberapa di antaranya:
-    Pdassi for Android  
      http://android.pdassi.com
-    Samsung Apps

      http://www.samsungapps.com
-    APKtor

      http://www.androlib.com
-    AppPlanet  

      http://applanet.net
-    YAMM Market 

      http://yaam.mobi
-    Famigo 

      http://www.famigo.com
-    F-Droid 

      http://f-droid.org

Lihat yg lebih 'menarik' di sini !

No comments:

Post a Comment