Thursday, March 1, 2012

Sembuhkan Layar Ponsel Retak dg Nanotechnologi

Teknologi nano yang digunakan dalam pendekatan

Teknologi nano yang digunakan dalam pendekatan "repair and go" (sumber: www.nature.com)



Seperti sel darah putih

Sejumlah ilmuwan dari University of Pittsburgh dan University of Massachusetts, Amerika Serikat menciptakan pendekatan ala teknologi nano untuk menyembuhkan layar telepon seluler atau tablet yang pecah.

Pendekatan yang disebut "repair and go" itu seperti membuat perangkat mobile bisa menyembuhkan dirinya sendiri ketika layar atau badan perangkat itu retak.

Teknologi itu menggunakan mikrokapsul berisi partikel nano yang bisa memperbaiki permukaan perangkat mobile dan bisa menambah daya tahan dari perangkat itu.

Dalam sebuah karya ilmiah yang dipublikasikan bulan lalu di Nature Nanotechnology itu, tim ilmuwan dari dua universitas itu menjelaskan bahwa penemuan mereka itu terinspirasi dari sel darah putih pada manusia yang bisa menyembuhkan luka.

Dalam pendekatan yang mereka kembangkan itu partikel nano yang sangat fleksibel akan mengisi permukaan yang retak lalu terus bergerak untuk mencari retakan lain.

Suka dengan postingan diatas ? Langganan aja lewat email, gak perlu buka internet bisa baca artikel terbaru di sini deh...caranya gimana ? Ya tinggal klik di sini

No comments:

Post a Comment